Mengenal Jamur Truffle


Jamur truffle diketahui untuk bahan makanan pada harga fenomenal. Jamur ini juga diklaim untuk tipe jamur paling mahal di dunia. Keberadaan jamur truffle sebetulnya bukan hal baru. Jamur truffle pernah jadi pembicaraan sesudah juri MasterChef Indonesia, Chef Arnold, memperlihatkan jamur ini yang ia taruh di kulkasnya. Banyaknya cukup banyak untuk ukuran jamur semahal itu. Chef Arnold simpan 2,5 kg jamur truffle yang ditaksir harga capai Rp125 juta.

Kurang lebih mengapa dapat semahal itu ya? Yuk, lihat beberapa bukti unik jamur truffle di bawah ini!
1. Datang dari daerah Eropa
Walau sekarang jamur truffle telah berada di lebih dari pada 36 negara, tapi pertama-tama diperkenalkan di Eropa. Ada dua tipe truffle yang sekarang ini mempunyai harga fenomenal, jamur truffle hitam serta putih.
Truffle hitam atau tuber melonosporum adalah umumnya tumbuh subur pada September sampai Desember. Jamur ini datang dari daerah Perigord di barat daya Prancis.
Sedang, truffle putih biasa diketemukan di daerah Piedmont di Italia Utara, khususnya di pedesaan seputar Alba. Jamur yang mempunyai nama lain tuber magnatum ini dapat diketemukan pada musim dingin serta musim luruh.

2. Tipe jamur yang benar-benar susah dibudidayakan
Jamur truffle bukan jamur biasa. Jamur ini tumbuh liar dengan alamiah tidak dapat diproses atau dikendalikan produksinya. Jika ingin membudidayakan truffle, minimal mereka harus menanam pohon ek terlebih dulu.
Yup, jamur truffle memang biasa tumbuh di bawah pohon ek, poplar, beech, atau hazel. Dibutuhkan empat sampai tujuh tahun sebelum truffle pertama ada.
Belum juga tidak semua pohon akan membuahkan jamur truffle. Banyak unsur yang memengaruhinya, dari mulai muatan tanah sampai situasi cuaca. Susahnya proses budidaya berikut yang membuat jamur truffle mempunyai harga yang benar-benar fenomenal.

3. Punyai banyak manfaat ajaib untuk badan
Jamur truffle tidak sebatas mahal. Segudang faedah kesehatan yang dipunyai jamur ini jadi fakta mengapa harga selangit.
Pertama, jamur truffle diklaim dapat menahan kanker. Jamur ini memiliki kandungan anti-oksidan serta antiinflamasi yang benar-benar berguna untuk menahan serta menyembuhkan kanker.
Saat dikonsumsi, jamur ini disebutkan dapat hentikan perkembangan sel kanker di pada tubuh, hingga perlahan-lahan badan jadi resisten pada sel kanker.
Disamping itu, jamur truffle punyai banyak manfaat yang lain, seperti memperlancar peredaran darah, menyembuhkan sakit di kepala, sampai menolong pembangunan otot.

4. Sempat terjual sampai Rp1,5 miliar
Jamur truffle memang diketahui mempunyai harga selangit. Tipe truffle hitam umumnya dibandrol seputar Rp5,6 juta per 450 gr
Sedang, tipe truffle putih dapat semakin lebih mahal. Truffle putih dapat dibandrol seputar Rp31 juta per 450 gr.
Pada November 2018, satu jamur truffle putih sempat cetak rekor untuk salah satunya yang paling mahal. Jamur truffle putih langka itu terjual sampai seputar Rp1,5 miliar dengan berat 850 gr di Alba, Italia.
Jamur itu dibeli oleh seorang masyarakat Hong Kong yang dirahasiakan namanya. Ia bayar 30 kali tambah mahal dibanding harga pasaran untuk mendapatkan jamur kecil itu. 

Postingan populer dari blog ini

Khasiat Jamur Termahal di Dunia untuk Kecantikan Kulit

Fungsi Jamur Kuping Untuk Kesehatan

Lawan Alzheimer dan Demensia dengan Jamur